Pendampingan dan Rencana Tindak Lanjut HMJ Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAI DDI Polewali Mandar Pasca Pelatihan Jurnalistik



Dokumentasi saat diskusi dilokasi camp desa kunyi lembah tottong bersama civitas akademik FDK IAI DDI Polman dan mahasiswa

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fakultas Dakwah dan Komunikasi mengadakan kegiatan pendampingan dan merancang rencana tindak lanjut setelah sukses mengikuti pelatihan jurnalistik yang berlangsung selama pekan lalu. Pendampingan dan RTL berlangsung di Permandian Lembah Tottong Kunyi, Kecamatan Anreapi, Jum'at hingga Sabtu 14-15 Juni 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa dosen dari Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) serta sejumlah pegawai Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan pekan lalu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis, peliputan berita, dan etika jurnalistik para mahasiswa. Dengan materi yang disampaikan oleh para ahli dan praktisi media dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Mandar, mahasiswa mendapatkan wawasan baru yang mendalam tentang dunia jurnalistik.

Untuk memastikan bahwa ilmu yang didapatkan dari pelatihan tersebut dapat diterapkan dengan baik, HMJ Fakultas Dakwah dan Komunikasi mengadakan sesi pendampingan yang dipimpin oleh dosen KPI. Dalam sesi ini, mahasiswa diajak untuk berdiskusi dan mempraktikkan teknik-teknik jurnalistik yang telah mereka pelajari. Selain itu, para dosen memberikan bimbingan dan saran agar mahasiswa dapat mengatasi berbagai tantangan dalam bidang jurnalistik.

Rahmayani, S.Sos, M.Sos., salah satu dosen KPI yang hadir dalam kegiatan tersebut, menyatakan bahwa pendampingan dan tindak lanjut ini sangat penting untuk memastikan bahwa pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan tidak hanya berhenti sebagai teori, tetapi dapat diaplikasikan dan memberikan manfaat nyata. 

"Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan kompetensi jurnalistik mahasiswa, serta meningkatkan kualitas dan kredibilitas media kampus," ujarnya.

Dengan langkah-langkah strategis ini, diharapkan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAI DDI Polewali Mandar dapat terus mengembangkan diri dan berperan aktif dalam dunia jurnalistik, membawa perubahan positif bagi masyarakat melalui informasi yang akurat dan berkualitas.



Berikan Komentar

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin